Bekasi, PPK-Tamsel.blogspot.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bekasi, Senin (9/1/2023)  mengadakan tes tertulis metode computer assisted test (CAT) calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di BPPTIK Jababeka, Cikarang.

Kegiatan tes tertulis akan berlangsung selama tiga hari sampai tanggal 11 Januari 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 1.428 orang yang berasal dari 187 desa/kelurahan.

Ketua KPU Kabupaten Bekasi, Jajang Wahyudin saat membuka kegiatan berpesan kepada para calon anggota PPS agar mengikuti proses seleksi dengan mengutamakan integritas dan kejujuran.

“Proses seleksi anggota PPS dilakukan secara bertahap, mulai dari seleksi administrasi, tes tertulis dan wawancara bertujuan untuk memastikan anggota PPS terpilih memiliki kompetensi dan kapasitas sebagai penyelenggara pemilu, “ ucapnya.

Jajang menegaskan bahwa PPS sebagai garda terdepan penyelenggara pemilu mempunyai tugas dan peran yang sangat penting dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu. Sementara bagi peserta yang nantinya tidak terpilih sebagai anggota PPS agar tetap berkontribusi dengan menjadi anggota KPPS di daerah masing-masing.

Kadiv Sosdiklih, Parmas dan SDM, Dhany Wahab Habieby menjelaskan tata tertib tes tertulis calon anggota PPS diantaranya para peserta dilarang mendokumentasikan atau memfoto soal yang ada di layar komputer.

“Peserta diberi waktu 90 menit untuk mengerjakan 75 soal yang terdiri dari pengetahuan kebangsaan, kompetensi dasar dan pengetahuan kepemiluan, “ katanya.

Kegiatan tes tertulis setiap hari dibagi empat sesi dan tiap sesi diikuti sebanyak 150 orang yang disusun berdasarkan nomor urut peserta.

Hasil seleksi tertulis akan diumumkan pada 15 Januari 2023 dan tahap wawancara calon anggota PPS dijadwalkan pada 18 – 20 Januari 2023. Sedangkan pelantikan anggota PPS direncanakan pada 24 Janjuari 2023. [[Sumber: https://kab-bekasi.kpu.go.id/](Berita ini telah dimuat di https://kab-bekasi.kpu.go.id dengan Judul : Ratusan Calon Anggota PPS ikuti Tes CAT di BPPTIK Jababeka)